TINJAUAN MIKRO SISTEM PENDIDIKAN

TINJAUAN MIKRO SISTEM PENDIDIKAN

Sumber (Ryans (1968) dalam Suharnao, (2008 : 07)



KOMPONEN POKOK SISTEM PENDIDIKAN

Sumber : P.H Coombs (1968)

HASIL

PENDIDIKAN


INTERAKSI SISTEM PENDIIDKAN DAN LINGKUNGAN

Sumber : P.H Coombs (1968)

MASUKAN

HASIL

Text Box: LEBIH MAMPU MEMNUHI KEBUTUHAN -	Sebagai individu, pekerja, pemimpin, warga masyarakat, penyumbang KARENA PENDIDIKAN MENGEMBANGKAN -	Pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap, motif, kreativitas APRESIASI -	Budaya, tanggungjawab, penghayatan terhadap dunia modern
Text Box: SISTEM PENDIDIKAN
Pentagon: INDIVIDU

definisi manajmenen dalam tinjauan

DEFINISI MANAJEMEN DALAM TINJAUAN

PENDAHLUAN

  1. Definisi

Mata kuliah manajemen pendidikan memiliki unsure kajian utama yaitu kerangka berpikir atau acuan yang dapat dipergunakan sebagai konsep dasar manajemen pendidikan yang berkenaan dengan aspek pengambilan keputusan, pengkoordinasian aktivitas, penanganan manusia, pembagian tugas dan kewenagan, evaluasi prestasi yang mengarah pada sasaran kelompok sebagai bagian dari aktivitas manajemen.

Dari segi konsep dasar manajemen berasal dari managio yaitu “penguruasan” atai managiare yaitu “melatih dalam mengatur langkah-langkah” . Manajemen sebagi ilmu, kiat, dan profesi ( Sagala : 2006 : 13). Dikatakann sebagai ilmu, menurut luther Gulick manajemen sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama. Dan kiat menurut Follet, karena manajemen mencapai sasaran melalui cara-cara dengan mengatur orang lain dengan menjalankan tugas. Sedangkan dikatakan profesi manajemen dilandasi oleh keahlian khusus untuk mencapai suatu prestasi manajer dan para profesionalnya dituntun oleh suatu kode atik. Dari sini sagala sepertinya ingin mengatakan bahwa tujuan-tujuan manajemen bisa dicapai juka memiliki sebuah metode, cara atau alat guna mencapai tujuan; alat itu yang kemudian dinamai manajemen. Dari penjelasan di atas bahwa manajemen adalah merupakan alat yang diintegrasikan dan penerapannya dengan menggunakan pendekatan analisis ilmu untuk mengatur sesuai dengan profesinya melalui yang dikembangkan disiplin ilmu.

Manajemen sering di artikan sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistimatis berusaha memahami mengapa dan bagaimana bekerja sama, melalui cara-cara dengan mengatur dan menjalankan tugas sebagai keahlian khusus dalam mencapai tujuan. Dalam proses manajemen ada beberapa fungsi yang harus dimiliki oleh seorang manajer, yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pemimpinan (leading), dan pengawasan (controling). Dengan demikian manajemen merupakan proses merencana, mengorganisasian, memimpin dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala asoeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efesien.

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan manajmen pada mulanya belum dapat dikatakan sebagai ilmu, karena teori harus terdiri dari konsep-konsep yang sistimatis dapat menjelaskan, meramalkan dan memprediksikan apa yang akan terjadi dan membuktikan prediksi itu berdasarkan penelitian (Research). Luther Gulick (1965) dalam Fattah bahwa manajemen dapat memnuhi syarat sebagai ilmu pengetahuan karena memiliki serangkaian teori, meskipun teori-teori itu masih terlalu umum dan subjektif. Perjalanan suatu ilmu dan teori-teori dalam manajemen ada beberapa pengujian dengan pengalaman-pengalaman. Munculnya evolusi konsep, ide, pemikiran dalam manajemen pada 5000 tahun SM. Dibuktikan dengan adanya catatan dan tulisan untuk perdagangan dan pemerintahan. Pemanfaatan komunikasi efektif dan pengendalian yang terpusat untuk efektivitas dan efesiensi terjadi pada 300 SM – 300 Masehi. Kemudian Henry Fayol (1841-1925) mengemukakan pentingnya administrasi, Follet (1868-1933) dengan perilaku dinamikanya, Mac Weber dengan birokrasinya, Elton Mayo, Maslow, Mc. Gregor, dan Chris Argyis dengan studi perilakunya.

Manajemen sebagai seni untuk melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (The art of getting things done through people). Follet, 1868-1933). Manajemen sebagai suatu seni mrmbutuhksn tiga undur, yaitu; pandangan, pengetahuan teknis, dan komunikasi (Hendry M. Botinger).

Kerangka dasar manajemen pendidikan meliputi; Philosopy, Asumtions, principle, and theory, which are basic to the study of any discipline of management (Shrode Dan Voich, 1986). Secara sederhana bahwa falsafah merupakan pandangan atau persepsi tentang kebenaran yang dikembangkan cara berfikir yang telah terkondisikan dengan lingkungan, perangkat organisasi, nilai-nilai dan keyakinan yang mendasari tanggung jawab manajer.

Falsafah seorang manajer dapat dijadikan dasar untuk membuat asumsi-asumsi tentang lingkungan, peran organisasinya, dan dari asumsi ini lahir prinsip-prinsip yang dihubungkan dengan kerangka atau garis besar untuk bertindak. Seorang manajer sautu teori tentang manajemen sangat berfungsi dalam memecahkan masalah-masalah yang timbul. Oleh sebab itu falsafah, asumsi, prinsip-prinsip, dan teori tentang manajemen yang merupakan landasan manajerial yang harus dipahami dan dihayati oleh manajer.

Sumber-sumber Daya

1. Manusia

2. Sarana

3. Biaya

4. Teknologi

5. Informas

Manajemen sebagai

(Ilmu, Kiat/Seni dan Profesi)

Kerangka Konsep Dasar Manajemen

Mutu

Efisiensi

Relefansi

Dan Kreativitas

Praktik Manajemen

1. Perencanaan (Planning)

2. Pengorganisasian (Organizing)

3. Pemimpin (Leading)

4. Pengawasan (Controling)

Prinsip-prinsip Manajemen

(MBO, MBP, MBI, MIS)

Teori-teori Manajemen

(Teori klasik, neoklasik, modern)

Falsafah Manajemen

(Hakekat, Tujuan, orang, Kerja)

asas manajemen

Komplektisitas yang tinggi atas masalah-masalah seperti ini menuntut pengetahuan spesialisasi di berbagai lapangan. Kebutuhan, digabungkan dengan kenyataan bahwa keputusan tersebut akhirnya harus diterima dan diimplementasikan oleh banyak unit di seluruh organisasi, telah meningkatkan penggunaan pendekatan kolektif untuk proses pengambilan keputusan.
Dalam pertemuan inter-organisasi, banyak manajer diikutsertakan berpartisipasi dalam upaya bekerjasama yang melibatkan suatu proses pengambilan keputusan bersama diantara orang di masing-masing posisi kunci dimana masalah tersebut terjadi. Beberapa kerjasama terkonsentrasi pada keputusan bersama diantara pihak-pihak yang berkepentingan mengatasi masalah khusus, dan lainnya diarahkan untuk menghilangkan konflik diantara pihak-pihak yang berkepentingan.
ControllingPengendalian membantu manajer memonitor efektifitas perencanaan, pengorganisasian, dan kepemimpinan, serta mengambil tindakan korektif sesuai dengan kebutuhan. Organisasi menggunakan prosedur pengendalian untuk memastikan mereka membuat kemajuan yang memuaskan ke arah sasaran dan menggunakan sumberdaya mereka secara efisien.
Pengertian pengendalianStoner (1995) menyatakan bahwa pengendalian manajemen adalah merupakan proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan yang direncanakan. Sementara Mocker mendefinisikan sebagai suatu usaha sistematis untuk menetapkan standar prestasi kerja dengan tujuan perencanaan, untuk mendesain sistim umpan balik informasi, untuk membandingkan prestasi yang sesungguhnya dengan standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu, untuk menetapkan apakah ada deviasi dan untuk mengukur signifikansinya, serta mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa semua sumberdaya perusahaan digunakan dengan cara yang seefektif dan efisien mungkin untuk mencapai tujuan perusahaan. Definisi dari Mocker ini sekaligus menggambarkan langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pengendalian manajemen.
Mendesain Sistim PengendalianSejumlah tantangan akan dihadapai oleh manajer dalam mendesain sistim pengendalian yang menyediakan umpan balik akurat yang tepat waktu, dan ekonomis yang dapat diterima oleh anggota organisasi. Kebanyakan tantangan ini dapat dilacak sampai pada keputusan mengenai apa yang perlu dikendalikan dan seberapa sering kemampuan diukur. Masalah-masalah tersebut pada umumnya dapat dihindari dengan analisis yang menentukan “bidang prestasi kerja kunci” dan “titik-titik pengendalian strategis”.
a) Mengidentifikasi bidang prestasi kerja kunciPrestasi kerja kunci merupakan aspek-aspek unit atau organisasi yang harus berfungsi secara efektif agar unit atau organisasi secara keseluruhan dapat berhasil. Pada umumnya bidang-bidang tersebut mencakup aktivitas utama organisasi atau kelompok aktivitas berkaitan yang terjadi di seluruh organisasi atau unit.
b) Mengidentifikasi titik-titik pengendalian strategisMerupakan kegiatan menentukan titik-titk utama dalam sistim yaitu tempat pemantauan atau pengumpulan informasi akan dilaksanakan. Bila titik-titik pengendalian strategis telah dapat ditentukan letaknya, maka jumlah informasi yang harus dikumpulkan dan dievaluasi dapat banyak dikurangi.
Metode yang paling penting dan bermanfaat untuk menentukan titik-titik pengendalian strategis adalah dengan memusatkan perhatian pada unsur-unsur yang paling signifikan dalam suatu operasi tertentu. Biasanya hanya sebagian kecil saja dari aktivitas, peristiwa, individu, atau obyek dalam suatu operasi tertentu akan menyebabkan sebagian besar biaya atau masalah yang harus dihadapi oleh manajer.
Metode pengendalian anggaran
Anggaran adalah merupakan laporan kuantitatif formal mengenai sumberdaya yang disisihkan untuk melaksanakan aktivitas yang telah direncanakan selama jangka waktu tertentu. Anggaran menurut pengertian tersebut merupakan sarana yang paling luas digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan aktivitas di setiap tingkat dalam sebuah organisasi.
Disamping sebagai sarana utama untuk pengendalian, anggaran juga merupakan salah satu alat utama koordinasi aktivitas dalam organisasi. Interaksi antara manajer dan karyawan yang berlangsung lama selama preses pengembangan anggaran akan membantu menetapkan dan mengintegrasikan berbagai kegiatan anggota organisasi.
a) Pusat tanggung jawabSistim pengendalian dapat dibuat untuk memonitor fungsi atau proyek organisasi. Pengendalian atas sebuah fungsi dimaksudkan untuk memastikan bahwa aktivitas tertentu (seperti produksi atau penjualan) dilaksanakan dengan benar dan tepat). Pengendalian atas sebuah proyek bertujuan untuk memastikan tercapainya hasil akhir tertentu (misalnya pengembangan produk baru atau penyelesaian sebuah gedung).
Unit organisasi atau unit fungsional yang dikepalai oleh seorang manajer yang bertanggungjawab atas aktivitas unit tersebut dinamakan “pusat tanggung jawab”. Semua pusat tanggung jawab menggunakan sumberdaya (input atau biaya) untuk menghasilkan sesuatu yang lain (output atau penghasilan). Pada umumnya, tanggung jawab diserahkan kepada “pusat penerimaan, pusat pengeluaran, pusat laba, dan/atau pusat investasi”. Keputusan biasanya tergantung pada aktifitas yang dijalankan oleh unit organisasi dan dengan cara input dan output diukur oleh sistim pengendalian.
Pusat penerimaan merupakan unit organisasi yang outputnya diukur dalam bentuk uang tetapi tidak dibandingkan secara langsung dengan biaya input. Contohnya misalnya departemen penjualan. Efektivitas pusat ini tidak dinilai berapa besar penghasilan (dalam bentuk penjualan) melebihi biaya pusat tersebut (misalnya berupa gaji atau sewa). Sebaliknya, anggaran (dalam bentuk kuota penjualan) disiapkan untuk pusat penerimaan dan kemudian angka-angka tersebut dibandingkan dengan pesanan penjualan atau penjualan yang sebenarnya. Dengan cara ini, gambaran yang bermanfaat mengenai efektifitas dari masing-masing wiraniaga atau pusat itu sendiri dapat ditentukan.Pada pusat pengeluaran/biaya, input diukur oleh sistim pengendalian dalam bentuk uang, tetapi outputnya tidak. Alasannya adalah pusat-pusat seperti ini tidak dapat diharapkan untuk menghasilkan pendapatan. Contohnya adalah pemeliharaan, administrasi, pelayanan, dan bagian penelitian. Anggaran hanya disusun untuk bagia input dari operasi pusat-pusat seperti ini.
Dalam pusat laba, prestasi kerja diukur dengan angka selisih antara penghasilan (output) dengan pengeluaran (input). Ukuran seperti itu digunakan untuk menentukan sejauh mana pusat laba berfungsi secara ekonomi dan seberapa baik prestasi kerja manajernya. Sebuah pusat laba dibentuk ketika sebuah unit organisasi diberi tanggung jawab untuk mencetak laba. Dalam sebuah organisasi yang dibagi atas beberapa divisi, dengan beberapa divisi bertanggungjawab secara penuh atas lini produknya sendiri, divisi yang terpisah itu dianggap sebagai pusat laba.
Dalam pusat investasi, sistim pengendalian akan mengukur nilai uang input dan output, tetapi juga menilai perbandingan output dengan aset yang dipergunakan untuk menghasilkan output tersebut. Hal yang selalu harus diperhitungkan adalah penghasilan harus dikurangi dengan nilai penyusutan, dan memajemen harus memperhitungkan bunga yang akan diperoleh kalau uang tadi dipergunakan dalam investasi alternatif. Dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut, perusahaan akan memperoleh gambaran yang lebih akurat tentang profitabilitas. Manajer dapat mengetahui hasil dari suatu investasi, bukan hanya kenyataan uang yang masuk dan yang keluar.
b) Proses pembuatan anggaranProses penganggaran biasanya dimulai ketika manajer menerima ramalan ekonomi serta tujuan penjualan dan laba untuk tahun mendatang dari manajemen puncak, bersama jadwal kapan pengukuran harus diselesaikan. Ramalan dan tujuan tadi adalah merupakan pedoman bagi para manajer untuk menyusun anggaran mereka.
Proses penyusunan anggaran dapat dimulai “dari atas ke bawah” dimana anggaran ditetapkan oleh manajer puncak tanpa atau hanya sedikit berkonsultasi dengan manajer di bawahnya. Selain itu dapat disusun dari “bawah ke atas”, dimana anggaran dipersiapkan, sekurang-kurangnya pada tahap awal, oleh mereka yang harus menjalankannya. Anggaran tersebut selanjutnya diserahkan untuk disetujui oleh manajer tingkat yang lebih tinggi.
Masalah yang sering timbul dalam penyusunan anggaran adalah pada kondisi dimana sumberdaya yang dimiliki terbatas. Para manajer mungkin akan merasa khawatir bahwa mereka tidak mendapat alokasi bagian yang adil. Ketegangan dapat meningkat bilanama persaingan dengan manajer lain meningkat. Kecemasan juga dapat meningkat karena manajer mengetahui bahwa mereka akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka untuk memenuhi atau melebihi standar yang dianggarkan.
c) Jenis-jenis anggaranDalam organisasi dikenal adanya dua jenis anggaran yaitu anggaran operasi dan anggaran keuangan. Anggaran operasi menunjukan barang dan jasa yang diperkirakan akan dikonsumsi oleh organisasi selama periode anggaran. Pada umunya anggaran operasi mencantumkan jumlah fisik dan angka biayanya. Tipe anggaran operasional yang paling umum adalah anggaran pengeluaran, penerimaan, dan anggaran laba.
Anggaran keuangan menyatakan secara rinci uang yang akan dikeluarkan oleh organisasi selama periode yang sama dan dari mana asal uang tersebut. Kedua tipe anggaran yang berbeda ini menyusun rencana anggaran perusahaan secara keseluruhan.
PengauditanMengaudit adalah merupakan suatu proses penilaian. Mengaudit memiliki banyak kegunaan yang penting, dari membuktikan kejujuran dan kewajaran laporan keuangan sampai menyediakan dasar penting bagi para manajer utnuk mengambil keputusan.
a) Audit eksternalSecara luas audit eksternal tradisional sebagian besar merupakan proses verifikasi yang menyangkut penilaian yang bebas (independen) atas berbagai perkiraan (accounts) dan laporan keuangan organisasi. Aset dan hutang diverifikasi, dan laporan keuangan diperiksa atas kelengkapan dan akurasinya. Tujuan auditor bukan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. Pekerjaaan auditor adalah melakukan verifikasi bahwa perusahaan tesebut, dalam menyusun sendiri laporan keuangannya dan dalam menilai harta serta hutangnya, telah mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku secara umum dan menerapkannya dengan tepat.
Audit eksternal berlangsung setelah periode organisasi berakhir dan laporan keuangannya telah selesai disusun. Karena alasan tersebut, dan juga karena umumnya hanya memusatkan perhatian pada sepenrangkat laporan serta transaksi yang relatif terbatas, audit eksternal biasanya tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap pengendalian kegiatan yang tengah berlangsung dalam organisasi.
b) Audit internalAudit internal dilaksanakan oleh anggota organisasi itu sendiri. Sasarannya adalah untuk memberikan jaminan yang pantas bahwa harta organisasi dengan benar dijaga keamanannya dan bahwa catatan-catatan keuangan penataannya dapat diandalkan dan dilakukan dengan cukup akurat untuk menyusun laporan keuangan. Audit internal juga membantu manajer untuk mengevaluasi efisiensi operasional organisasi dan prestasi kerja dari sistim kendalinya. Karena konsentrasinya pada opeasi organisasi, proses ini dikenal sebagai “audit operasional”.
Audit internal juga dapat dilaksanakan sebagai sebuah proyek yang tersendiri oleh pegawai bagian keuangan atau, pada organisasi yang besar, oleh staf audit internal purnawaktu. Jangkauan dan kedalaman audit tersebut juga sangat bervariasi, tergantung pada besarnya dan kebijakan perusahaan.
Jangkauannya bisa mulai dari survei yang relatif sempit sampai analisis laus dan komprehensif yang menjangkau lebih jauh dari penilaian atas sistim pengendalian dengan memperhatikan kebijakan, prosedur, dan penggunaan wewenang, serta mutu dan efektifvitas metode manajerial yang digunakan. Dalam peran ini terlihat bahwa proses manajemen itu memperbaiki dirinya sendiri.
Pengertian Manajemen dan Fungsi-Fungsinya(Definition and Functions of Management)
Pengertian Manajemen (Definition of Management)Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.
Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.
Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen juiga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
Itulah manajemen, tetapi menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satu definisi saja yang dapat diterima secara universal. Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari gambar di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
B. Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)Sampai saat ini, masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis mengenai apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen.
fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
PlanningBerbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
OrganizingOrganizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
LeadingPekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :• Mengambil keputusan• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.• Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
Directing/Commanding Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.MotivatingMotivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
CoordinatingCoordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.
ControllingControlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
ReportingAdalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
StaffingStaffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
ForecastingForecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.
C. Tingkatan Manajemen (Manajemen Level).
Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi tingkatan manajer menjadi 3 tingkatan :1. Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak membawahi manajer yang lain.2. Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional.3. Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.
Daftar Pustaka
Dessler, G., 1997, Human Resource Management, Seventh Ed., Prentice-Hall, Inc., A Simon Schustler Company, Englewood Cliffs, New Jersey.Gibson, J.L., 1995, Organizations, 8th Ed., Richard D. Irwin, Inc., Homewood, Illinois.Gibson, J.L., 1995, Fundamentals of Management, 9th Ed., Richard D. Irwin, Inc., Homewood, Illinois.Shapiro A. C., 1994, Fundations of Multinational Financial Management, Simon & Schuster.Shimizu R., 1989, The Japanese Business Success Factors, Chikura Shobo, Tokyo.Studies, vol. 6.Stoner, James A.F., Freeman R.E., Gilbert D.R., 1995, Management, Prentice-Hall, Inc., A Simon Schustler Company, Englewood Cliffs, New Jersey.

PARADIGMA KONSEP PENDIDIKAN

KONSEP DASAR DALAM PEMBIYAAN PENDIDIKAN

SUPPLY-DEMAND (keseimbangan)
Ø Kemampuan penyediaan tenaga kerja
Ø Besarnya kebutuhan / permintaan tenaga

KONSEP BIAYA UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

PRODUKSI / NILAI OUT PUT
Ø Pend benda ekonsumsi
o Barang dan jasa
§ Demand ( permintaan)
· Harga, selera, jumlah uang
§ Needs (kebutuhan)
Ø Konsumen pendidikan
o Sukarela
o Kehendak orang lain
Ø Pendidikan sebagai pelayanaan umum
o UUD45 pasal 31 ayat 1 dan 2
Ø Faktor eksternal proses pendidikan
o Memutuskan memilih pendidikan
o Pendidikan berpengaruh pada semua orang
o Pendidikan alat untuk mempersamakan keadilan dan kesempatan
o Pembiayaan pendidikan dibebankan pada pemerintah

PRODUKTIFITAS PENDIDIKAN
Ø Kompensasi - Masukan yang harus
o Jumlah tamatan yang banyak
o Mutu tamatan
o Relevansi tinggi
Ø Suasana- Kegiatan pembelajaran besas
o Semangat kerja tinggi
o Kepercayaan berbagai pihak
Ø Ekonomi –
o Penyelenggaraan
o Penghasilan

MANAJEMEN DALAM TINJAUAN

DEFINISI MANAJEMEN DALAM TINJAUAN





PENDAHLUAN

Definisi

Mata kuliah manajemen pendidikan memiliki unsure kajian utama yaitu kerangka berpikir atau acuan yang dapat dipergunakan sebagai konsep dasar manajemen pendidikan yang berkenaan dengan aspek pengambilan keputusan, pengkoordinasian aktivitas, penanganan manusia, pembagian tugas dan kewenagan, evaluasi prestasi yang mengarah pada sasaran kelompok sebagai bagian dari aktivitas manajemen.
Dari segi konsep dasar manajemen berasal dari managio yaitu “penguruasan” atai managiare yaitu “melatih dalam mengatur langkah-langkah” . Manajemen sebagi ilmu, kiat, dan profesi ( Sagala : 2006 : 13). Dikatakann sebagai ilmu, menurut luther Gulick manajemen sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama. Dan kiat menurut Follet, karena manajemen mencapai sasaran melalui cara-cara dengan mengatur orang lain dengan menjalankan tugas. Sedangkan dikatakan profesi manajemen dilandasi oleh keahlian khusus untuk mencapai suatu prestasi manajer dan para profesionalnya dituntun oleh suatu kode atik. Dari sini sagala sepertinya ingin mengatakan bahwa tujuan-tujuan manajemen bisa dicapai juka memiliki sebuah metode, cara atau alat guna mencapai tujuan; alat itu yang kemudian dinamai manajemen. Dari penjelasan di atas bahwa manajemen adalah merupakan alat yang diintegrasikan dan penerapannya dengan menggunakan pendekatan analisis ilmu untuk mengatur sesuai dengan profesinya melalui yang dikembangkan disiplin ilmu.
Manajemen sering di artikan sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistimatis berusaha memahami mengapa dan bagaimana bekerja sama, melalui cara-cara dengan mengatur dan menjalankan tugas sebagai keahlian khusus dalam mencapai tujuan. Dalam proses manajemen ada beberapa fungsi yang harus dimiliki oleh seorang manajer, yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pemimpinan (leading), dan pengawasan (controling). Dengan demikian manajemen merupakan proses merencana, mengorganisasian, memimpin dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala asoeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efesien.
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan manajmen pada mulanya belum dapat dikatakan sebagai ilmu, karena teori harus terdiri dari konsep-konsep yang sistimatis dapat menjelaskan, meramalkan dan memprediksikan apa yang akan terjadi dan membuktikan prediksi itu berdasarkan penelitian (Research). Luther Gulick (1965) dalam Fattah bahwa manajemen dapat memnuhi syarat sebagai ilmu pengetahuan karena memiliki serangkaian teori, meskipun teori-teori itu masih terlalu umum dan subjektif. Perjalanan suatu ilmu dan teori-teori dalam manajemen ada beberapa pengujian dengan pengalaman-pengalaman. Munculnya evolusi konsep, ide, pemikiran dalam manajemen pada 5000 tahun SM. Dibuktikan dengan adanya catatan dan tulisan untuk perdagangan dan pemerintahan. Pemanfaatan komunikasi efektif dan pengendalian yang terpusat untuk efektivitas dan efesiensi terjadi pada 300 SM – 300 Masehi. Kemudian Henry Fayol (1841-1925) mengemukakan pentingnya administrasi, Follet (1868-1933) dengan perilaku dinamikanya, Mac Weber dengan birokrasinya, Elton Mayo, Maslow, Mc. Gregor, dan Chris Argyis dengan studi perilakunya.
Manajemen sebagai seni untuk melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (The art of getting things done through people). Follet, 1868-1933). Manajemen sebagai suatu seni mrmbutuhksn tiga undur, yaitu; pandangan, pengetahuan teknis, dan komunikasi (Hendry M. Botinger).
Kerangka dasar manajemen pendidikan meliputi; Philosopy, Asumtions, principle, and theory, which are basic to the study of any discipline of management (Shrode Dan Voich, 1986). Secara sederhana bahwa falsafah merupakan pandangan atau persepsi tentang kebenaran yang dikembangkan cara berfikir yang telah terkondisikan dengan lingkungan, perangkat organisasi, nilai-nilai dan keyakinan yang mendasari tanggung jawab manajer.
Falsafah seorang manajer dapat dijadikan dasar untuk membuat asumsi-asumsi tentang lingkungan, peran organisasinya, dan dari asumsi ini lahir prinsip-prinsip yang dihubungkan dengan kerangka atau garis besar untuk bertindak. Seorang manajer sautu teori tentang manajemen sangat berfungsi dalam memecahkan masalah-masalah yang timbul. Oleh sebab itu falsafah, asumsi, prinsip-prinsip, dan teori tentang manajemen yang merupakan landasan manajerial yang harus dipahami dan dihayati oleh manajer.
Sumber-sumber Daya
1. Manusia
2. Sarana
3. Biaya
4. Teknologi
5. Informas

Manajemen sebagai
(Ilmu, Kiat/Seni dan Profesi)
Kerangka Konsep Dasar Manajemen
Mutu
Efisiensi
Relefansi
Dan Kreativitas

Praktik Manajemen
1. Perencanaan (Planning)
2. Pengorganisasian (Organizing)
3. Pemimpin (Leading)
4. Pengawasan (Controling)
Prinsip-prinsip Manajemen
(MBO, MBP, MBI, MIS)

Teori-teori Manajemen
(Teori klasik, neoklasik, modern)

Falsafah Manajemen
(Hakekat, Tujuan, orang, Kerja)