silabi sosiologi pendidikan

SILABI PERKULIAHAN

NAMA MATA KULIAH : SOSIOLOGI PENDIDIKAN
KODE :
PROGRAM STUDI : S.2/MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
SKS : 3
DOSEN : DR. SAEPUL MA’MUN, S.Pd,. M.Pd


1. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini dilaksanakan pada semester satu/dua pada program S-2, yang termasuk kelompok Mata Kuliah Landasan Keilmuan (MKLK). Mata kuliah ini bertumpu pada sub disiplin Teori Manajemen yang berorientasi pada perspektif makro dengan focus kerja dan sikap serta kemampuan manajemen secara menyeluruh dalam mencapai tujuannya. Unit kajian utamanya adalah manajemen itu sendiri khususnya manajemen pendidikan. Oleh karena itu unsur utama kajian mata kuliah ini struktur dan desain manajemen yang berkaitan dengan aspek manajer dalam manajemen pendidikan serta perkembangannya guna meningkatkan efektifitas manajemen yang bersangkutan.

2. TUJUAN UMUM MATA KULIAH

Tujuan mata kuliah ini adalah membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang cara bagaimana manajemen dapat di implementasikan berdasarkan bukti ilmiah serta merupakan pengetahuan tersebut untuk membangun atau mengubah konsep manajemen bagi tujuan manajemen dan kemampuan yang ditunjukan melalui manajerialnya untuk menerapkan konsep maupun implementasinya dalam mengembangkan manajmen pendidikan

3. TUJUAN KHUSUS MATA KULIAH

Setelah selesai mengikuti perkuliahaan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk:
Memahami definisi, fondasi, asumsi, kaidah dan dalil sehubungan dengan manajmen, khususnya struktur dan desain dalam konsep, teori, dan implementasi manajemen pendidikan
Memahami hubungan fungsional antara konsep, teori, dan implementasi dengan teknologi, strategi, lingkungan, dan power controll serta manfaat manajemen
Menerapkan pengetahuan dan pemahaman konsep, teori, dan implementasi manajemen pendidikan pada isu-isu mutahir seperti manajemen, kepemimpinan, hubungan kemanusian, manjemen lingkungan organisasi.

4. BENTUK PERKULIAHAN

Kegiatan perkuliahan berorientasi pragmatik dengan mengupayakan pembekalan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dan berlaku di dalam bidang manajemen pendidikan dengan kegiatan yang meliputi:
1. Kuliah dan diskusi kelas
2. Analisis kasus
3. Tugas-tugas dan presentase di kelas

5. PENDEKATAN PEMBELAJARAN

1. Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan Inkuiri dan Pemecahan
masalah
2. Tugas : Penyusunan dan Penyajian Makalah, Review buku dan jurnal,
dan diskusi
3. Media : OHP, LCD / Power Pont, Vidio

6. EVALUASI

Evaluasi hasil perkuliahan dilakukan melalui :
1. Kehadiran
2. Laporan Buku/Jurnal
3. Makalah
4. UTS
5. UAS

Bobot :
- Laporan buku / Makalah : 30%
- Presentase / Partisipasi : 20%
- UTS : 20%
- UAS : 30%

7. POKOK BAHASAN DAN ACARA PERKULIAHAN

1
PERTEMUAN KE 1
:
Pendahuluan, Pengantar perkuliahan, Rencan perkuliahan, Review konsep, dan deskripsi mata kuliah.
2
PERTEMUAN KE 2
:
Soiologi Sebagai Pendekatan Studi Pendidikan, Perspektif Sosiologi Pendidikan, Paradigma Baru Pendidikan, Perspektif Struktural Fungsional dan Pendidikan, Konteks Sosial, Analisis Struktural Fungsional, Matodologi, Tokoh Perspektif Fungsional, Desain Pembelajaran dalam Perspektif.
3
PERTEMUAN KE 3
:
Teori Konpliks, Perkembangan Kapitalisme, Masyarakat Industri dan Pendidikan, Pendidikan dan kapitalisme, Pendidikan Stratifikasi Sosial, Pendidikan dan Reproduksi Sosial, Teori Marxis, Rekonstruksi Pedagogi Kritis.
4
PERTEMUAN KE 4
:
Pemikiran Pendidikan Perspektif Konstruksionis, Tokoh Perspektif Konstruksionis, Pendidikan dalam Perspektif Konstruksionisme, Pendidikan Multikultural, Peran Pendidikan dalam Perubahan Sosial.


8. TUGAS YANG HARUS DIKUMPULKAN

1. Tugas Makalah Individual
2. Tugas Makalah Kelompok/Perorangan yang dipresentasikan
3. Tugas Laporan Buku/Chapter Report

9. SUMBER/REFERENSI
1. Agnew, John dan Carlo Brusa, New Rules for National Identity? The Northern League and Polotical Identity In Contemporaly Northern Italy, dalam National Identitis, Vol. 1, Number 2, July 1999.
2. Althusser, Louis. “Ideology and Ideological State Apparatuces (Notes towards an Investigation”. Monthly Review Press, 1994.
3. Bellah, Robert N. Emile Durkheimon Morality and Society. Chicago: The university of Chicago Press, 1973.
4. Bertalan, John “ Student Diversity Projects,” dalam Multicultural Education, Spring 2004.
5. Craib, Ian. Teori-Teori Social Modern: dari Parsons sampai Habermas. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.
6. Dant, Tim. Knowledge, ideology and Discourse: A Sociological Perspective. New York: Rouletdge, 1991.
7. Fukuyama, Francis, The Great Disruption: Human Nature and The Reconstruction of Social Order, New York: The Free Press, 1999.
8. Gardner, John, edt, Assessment and Learning, London: Sage Pub, 2006.
9. Hendarto, Heru. “Mengenai Konsep Hegemoni Gramsci”, dalam Tim Redaksi Driyarkara (peny.), Diskursus Kemasyarakatan dan Kemanusiaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.
10. Joseph, Martin. Sociology for Everyone. Cambridge: Polity Press.
11. Keller, Suzanne. Penguasa dan Kelompok Elit: Peranan Elit Penentu Dalam Masyarakat Modern. Jakarta: Rajawali Pers, 1984.
12. Meighan, Roland dan Clive Harber, A Sociology of Educating, United States: Holt, Renehart and Winson Ltd., ed.5, 2007.
13. Mills, C. Wright. The Sociological Imagination. New York: Oxford University Press, 2000.
14. Noer, Deliar, Pemikiran Politik di Negeri Barat. Bandung: MIzan, 1996.
15. Ritzer, George. Sociology Theory. New York: Mc Graw-Hill Company, 1996.
16. Siahan, Hotman M., Pengantar ke Arah Sejarah dan Teori Sosiologi. Jakarta: Erlangga, 1986.
17. Tilaar, H.A.R. Mengindonesia: Etnisitas Bangsa Indonesia, Sebuah tinjauan dari perspektif Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.
18. Waters, Malcolm, Modern Sociological Theory. London: Sage Publications, 1994.
19. Zizek, Slavoj, Mapping Ideology. London-New York: Verso, 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar