PERAN METODE ILMIAH DALAM PENGEMBANGAN ILMU




A.       Metode Ilmiah
Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran. Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.”
Metode Ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Metode ini menggunakan langkah-langkah yang sistematis, teratur dan terkontrol. Menurut A. Nashrudin, S.IP, M,Si (dossuwanda.wordpress.com ), Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah, maka metode tersebut harus mempunyai kriteria sebagai berikut:
1. Berdasarkan fakta
2. Bebas dari prasangka
3. Menggunakan prinsip-prinsip analisa
4. Menggunakan hipolesa
5. Menggunakan ukuran objektif
6. Menggunakan teknik kuantifikas

MORALITAS DALAM TINJAUAN FILSAFAT AKSIOLOGI



MORALITAS DALAM TINJAUAN FILSAFAT AKSIOLOGI
OLEH: DR. SAEPUL MA’MUN, SPd., MPd

Mandeville dalam bukunya yang berjudul “Enquiry into the Origin Of Moral Virtue” menonjolkan akan gagasan bahwa semua moralitas itu hanya kebiasaan saja, sudah lama tersebar yakni sejak zaman para sofis dan kaum skeptic pada zaman Yunani purba. Pemikiran Mandeville ini diperkuat oleh Frederick Nietzche  bahwa pada awalnya tidak ada hal yang baik dan hal yang buruk. Yang ada hanya yang kuat dan yang lemah. Yang kuat dengan kekuatannya, kelicikannya, kejantannnya menghina yang lemah, yang seperti perempuan, sabar, penurut, dan lembut. Masing-masing golongan memuja sifatnya masing – masing dan menghukum golongan lain. Sehingga muncullah perbedaan antara moralitas bendoro dan moralitas budak. Karena jumlahnya besar dan mendapat dukungan dari agama katolik, moralitas budak menang. Ini merupakan bencana bagi rakyat yang sangat besar. 

ILMU, FILSAFAT DAN TEOLOGI



ILMU, FILSAFAT DAN TEOLOGI


“Aku datang - entah dari mana,
aku ini - entah siapa,
aku pergi - entah kemana,
aku akan mati - entah kapan,
aku heran bahwa aku gembira”.
(Martinus dari Biberach, tokoh abad pertengahan). 
1. Manusia bertanya
Menghadapi seluruh kenyataan dalam hidupnya, manusia kagum atas apa yang dilihatnya, manusia ragu-ragu apakah ia tidak ditipu oleh panca-inderanya, dan mulai menyadari keterbatasannya.  Dalam situasi itu banyak yang berpaling kepada agama: 
“Manusia mengharapkan dari berbagai agama jawaban terhadap rahasia yang tersembunyi sekitar keadaan hidup manusia. Sama seperti dulu, sekarang pun rahasia tersebut menggelisahkan hati manusia secara mendalam: apa makna dan tujuan hidup kita, apa itu kebaikan apa itu dosa, apa asal mula dan apa tujuan derita, mana kiranya jalan untuk mencapai kebahagiaan sejati, apa itu kematian, apa pengadilan dan ganjaran sesudah maut, akhirnya apa itu misteri terakhir dan tak terungkapkan, yang menyelimuti keberadaan kita, darinya kita berasal dan kepadanya kita menuju?”  --  Zaman Kita (no.1), Deklarasi Konsili Vatikan II tentang Sikap Gereja Katolik terhadap Agama-agama bukan Kristen, 1965.